Jasa Perencanaan Struktur – Pentingnya desain pondasi yang baik untuk bangunan Sekolah, Ruko, Kantor, Rumah Tinggal, dan bangunan gedung yang lainnya. Perencanaan struktur pondasi untuk bangunan sekolah, bangunan ruko, bangunan kantor, bangunan rumah tinggal, dan struktur bangunan gedung lainnya sebaiknya perlu perhatian khusus. Perencanaan struktur pondasi sangatlah penting karena pondasi memiliki beberapa fungsi dalam sebuah bangunan, dan hal yang harus diperhatikan dahulu yaitu pondasi sebelum melakukan pembangunan.

Pondasi merupakan elemen struktur yang menyalurkan beban dari kolom, dinding dan beban-beban lateral dari tanah yang tertahan. Desain suatu bangunan pondasi harus bisa dan dapat mencegah terjadinya perputaran atau penurunan yang berlebihan, memperkecil Penurunan Setempat, dan aman terhadap Pergeseran (sliding) dan Guling.

Akibat yang paling minim dari perencanan pondasi yang kurang baik untuk struktur bangunan sekolah, bangunan ruko, bangunan kantor, bangunan rumah tinggal, dan struktur bangunan gedung lainnya adalah terjadi retak pada dinding. Hal ini dapat terjadi akibat penurunan pada pondasi. Sedangkan akibat yang cukup berbahaya adalah terjadi guling.

Perencanaan Struktur Bangunan

Supaya dalam perencanaan struktur pondasi bisa dan dapat direncanakan dengan baik dan maksimal, yang pertama wajib untuk disiapkan adalah adanya data tes tanah, bisa berupa data tes sondir, data tes spt, dan lain sebagainya.

Setelah ada data tes tanah, kemudian kita bisa merencanakan dengan baik pondasi yang bagus dan ideal untuk suatu struktur bangunan, baik itu bangunan ruko, bangunan sekolah, bangunan kantor, bangunan rumah tinggal, maupun struktur bangunan gedung lainnya. Hal berikutnya yang menentukan dalam desain pondasi adalah fungsi bangunan, luasan bangunan, dan jumlah lantai pada bangunan. Semakin luas dan tinggi (banyak lantai), suatu bangunan tentunya akan memiliki berat yang besar. Berat keseluruhan bangunan ini menentukan kebutuhan pondasi, apakah nanti cukup dengan pondasi dangkal atau perlu di desain menggunakan pondasi dalam.

Pondasi dalam untuk struktur bangunan sekolah, bangunan ruko, bangunan kantor, bangunan rumah tinggal, dan struktur bangunan gedung lainnya dapat berupa, antara lain :

1. Pondasi Strauss/Bor Pile

Strauss pile adalah pondasi yang dibuat dengan cara tanah di bor/digali manual menggunakan alat bor auger manual yang digerakan tenaga manusia. Alat yang simple, ringkas dan cukup sederhana serta tidak mengeluarkan suara bising dalam pelaksanaannya, menjadikan pondasi ini dipilih untuk pekerjaan pondasi rumah atau bangunan 2 lantai dan 3 lantai, ruko, gudang, pagar dan lain sebagainya. Kekurangan alat ini adalah terbatasnya pilihan diameter yakni 20cm, 25cm, 30cm dan kedalaman pengeboran kurang lebih 4 – 10 meter tergantung kondisi tanah , tentu saja itu karena penggeraknya hanya tenaga manual

2. Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang (pile foundation) merupakan bagian dari struktur yang digunakan untuk menerima dan mentransfer (menyalurkan) beban dari struktur atas ke tanah penunjang yang terletak pada kedalaman tertentu. Tiang pancang berbentuk panjang dan langsing yang menyalurkan beban ke tanah yang lebih dalam.

Bahan utama dari tiang yaitu baja (steel), beton dan kayu. Tiang pancang yang terbuat dari bahan ini adalah dipukul, di bor atau di dongkrak ke dalam tanah dan dihubungkan dengan Pile cap (poer). Tergantung juga pada tipe tanah, material dan karakteistik penyebaran beban tiang pancang di klasifikasikan berbeda-beda.

Kami menawarkan Jasa Perencanaan Struktur Bangunan untuk Anda. Kami akan membantu anda dalam merencanakan bangunan yang aman dan tentunya menghemat biaya. Segera hubungi kami di nomor 0812 4914 2993. Kami akan membantu untuk mewujudkan bangunan yang Kokoh dan Aman yang Anda impikan.