Ingin mengetahui Apa sih Definisi Struktur itu? Struktur adalah bagian-bagian yang membentuk bangunan seperti pondasi, sloof, dinding, kolom, ring, kuda-kuda, dan atap. Pada prinsipnya, elemen struktur berfungsi untuk mendukung keberadaan elemen nonstruktur yang meliputi elemen tampak, interior, dan detail arsitektur sehingga membentuk satu kesatuan. Setiap bagian dari struktur bangunan memiliki fungsi dan peranan masing-masing.

Kegunaan lain dari struktur bangunan yaitu meneruskan beban bangunan dari bagian bangunan atas menuju bagian bangunan bawah, lalu menyebarkannya ke tanah. Perencanaan dan perancangan struktur dalam suatu bangunan harus dipastikan bahwa bagian-bagian sistem struktur bisa dan sanggup mengizinkan atau menanggung gaya gravitasi dan beban sebuah bangunan tersebut, kemudian menyokong dan menyalurkannya ke tanah dengan aman.

Ada 3 Bagian Definisi Struktur Bangunan yang harus Anda ketahui :

1. Struktur bawah (substruktur)

Merupakan bagian-bagian bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah. Struktur bawah ini meliputi pondasi dan sloof.

2. Struktur tengah

Merupakan bagian dari sebuah bangunan yang letaknya di atas permukaan tanah dan di bawah atap, serta layak di huni oleh manusia. Struktur tengah tersebut misalnya dinding, kolom, dan ring.

3. Struktur atas (superstruktur)

Merupakan bagian dari suatu bangunan yang terbentuk memanjang ke atas yang fungsinya untuk menopang atap. Struktur atas bangunan antara lain yaitu rangka dan kuda-kuda.

Klasifikasi Struktur Bangunan

1.Klasifikasi struktur berdasarkan geometri dan bentuk dasarnya :

– Elemen garis merupakan elemen yang panjang dan berbentuk langsing dengan potongan melintang yang lebih kecil dibandingkan ukuran panjangnya. Elemen garis dapat dibedakan menjadi elemen lurus dan elemen melengkung.
– Elemen permukaan adalah elemen yang ketebalannya lebih kecil dari pada ukuran panjang nya.Elemen datar dapat berupa datar atau lengkung.Elemen lengkung bisa berupa lengkung tunggal atau lengkung ganda.

2.Klasifikasi struktur berdasarkan karakteristik kekakuan elemen :

– Elemen kaku, merupakan elemen yang tidak mengalami perubahan bentuk yang cukup besar apabila mengalami tekanan beban.
– Elemen fleksibel atau tidak kaku, seperti misalnya kabel yang berubah menjadi bentuk tertentu pada suatu kondisi pembebanannya. Struktur fleksibel dapat mempertahankan keutuhan fisik, walaupun bentuknya semakin lama berubah-ubah.

3.Berdasarkan susunan elemen :

– System satu arah, dengan mekanime transfer beban dari struktur untuk menyalurkan ketanah merupakan aksi satu arah saja.Sebuah balok yang terbentang pada dua titik tumpuan adalh contoh system satu arah.
– System dua arah dengan system bersilang yang letaknya diantara dua titik tumpuan dan tidak terletak diatas garis yang sama.

4.berdasarkan material pembentuknya di bedakan :

– Struktur kayu
– Struktur baja
– Struktur beton,dll

Jasa Hitung Struktur Bangunan

Demikian penjelasan mengenai definisi struktur dan konstruksi dalam sebuah bangunan. Apakah Anda memerlukan desain struktur untuk bangunan Anda agar lebih ekonomis dan aman untuk jangka panjang? Mungkin saat ini Anda berpikir, menggunakan jasa hitung struktur itu mahal dan akan mengeluarkan uang banyak, tapi coba sejenak Anda bayangkan jika suatu saat bangunan Anda yang sudah menelan dana ratusan juta mengalami kerusakan akibat salah perencanaan. Berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan renovasi, jika terjadi bencana alam, misalnya? Pastinya akan lebih banyak bukan ! Oleh karena itu, Master Struktur hadir untuk memberikan jasa perencanaan hitung desain struktur bangunan. Untuk memenuhi kebutuhan Anda dan bangunan yang akan Anda bangun. Master Struktur adalah penyedia jasa konsultan teknik yang menerapkan kekuatan, keamanan, dan kenyamanan melalui perencanaan struktur dari bangunan yang akan anda bangun. Untuk info lebih detailnya bisa Anda menghubungi Admin Master Struktur di nomor 0812 4914 2993.